Kiprah, Karya, dan Misteri Kehidupan RADEN SALEH

Raden Saleh

Judul :Kiprah, Karya, dan Misteri Kehidupan RADEN SALEH
Penulis : Katherina Achmad
Penerbit : NARASI
Kategori : Biografi & Memoar
Harga : 60.000
Sinopsis : Sebagai seorang anak inlander yang belajar melukis di lingkungan Belanda, Raden Saleh sudah kenyang menghadapi hinaan. Suatu kali, teman-temannya datang kepadanya untuk memamerkan hasil lukisan bunga mereka. Sedemikian nyata lukisan itu, sehingga kabarnya beberapa kupu-kupu dan kumbang hinggap di atas lukisan itu. Sembari tertawa mengejek, mereka lalu menantang Raden Saleh untuk membuat lukisan sebagus punya mereka.

Beberapa hari setelah kejadian itu, Raden Saleh menghilang. Ia tak pernah datang ke sekolah. Karena merasa bersalah, teman-temannya lalu mendatangi rumah Raden Saleh dan mendobrak pintu kamarnya. Betapa terkejutnya mereka menemukan mayat Raden Saleh terkapar berlumuran darah di lantai dengan sebilah pisau menancap di dada. Mereka menjadi histeris. Dalam suasana panik, tiba-tiba Raden Saleh muncul dari balik pintu lain. “Lukisan kalian hanya mengelabui kumbang dan kupu-kupu, tetapi lukisan saya bisa menipu manusia,” ujarnya tersenyum.

Kisah di atas secara turun-temurun diceritakan ulang di sekolah-sekolah dan telah menjadi bagian penting untuk menggambarkan talenta seni Raden Saleh yang melegenda. Di luar negeri, nama Raden Saleh sangat dikenal. Bahkan namanya diabadikan sebagai nama sebuah kawah di planet Merkurius bersama 14 seniman terkenal, pemusik, atau penulis dunia. Di negeri kelahirannya, namanya justru terasa asing. Tidak banyak generasi muda yang mengenal apalagi berbangga dengan nama besarnya. Buku ini semoga bisa menjadi jembatan bagi kita untuk mengenal lebih jauh tentang kehidupan serta karya sang Maestro, termasuk perlawanan simboliknya menghadapi kolonial dengan bersenjatakan kuas dan kanvas.

Pemesanan 085713888005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s