MERANCANG PROGRAM DAN MODUL PSIKOEDUKASI

psikoedukasi3

JUDUL BUKU : MERANCANG PROGRAM DAN MODUL PSIKOEDUKASI
PENULIS : A. SUPRATIKNYA
ISBN : 978-979-1088-25-1
EAN : 9-789791-088251
CETAKAN : I, 2008
PENERBIT : USD PRESS
HARGA : 52.000,-

Sekilas Tentang Buku:
Salah satu kompetensi psikolog sebagai profesional helper adalah meberikan layanan konsultasi dan pendidikan. Kompetensi ini sesunggahnya mencakapu dua sub kompetensi yang berbeda yaitu memberikan konsuiltasi dan menyelenggarakan psikoedukasi. Dalam kurikulum pendidikan calan psikolog, khususnya sejak jenjang program pendidikan Sarjana Psikologi, kedua subkompetensi tersebut sebaiknya dipelajari dalam dua mata kuliah yang berbeda.
Dalam dua tahun terakhir penulis mengampu mata kuliah Psikologi Konsultasi pada program studi S-1 Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Sanata Darma, Yogyakarta. Mata kiluah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan komptensi dasar dalam bidang layanan konsultasi dan psikoedukasi. Mengingat ranah ini komptensi tersebut sangat luas sebagaimana disinggung di atas, sedangkan sebagai mata kuliah hanya diberikan bobot wajar alias kecil yaiut 2 SKS dan 2 JP, maka penulis merasa perlu membuat pilihan membatasi isinya antara konsultasi atau psikoedukasi.
Pilihan jatuh pada psikoedukasi karena dua alasan. Pertama, kendati tidak persis sama, aspek-aspek dasar kompetensi konsultasi juga dikembangkan dalam kelompok mata kueliah KOnseling yang suda tercakup dalam kurikulum S-1, Program Studi Psikologi. Kedua, dari hasil pengamatan di dalam maupun di luar kelas, penulias menjadi yakin mahasiswa perlu dibantu menguasai aneka prinsip dan strategi dalam merencanakan dan menyelenggarakan program psikoedukasi di berbagai lingkungan kehidupan khususnya lingkungan pendidikan formal., industri atau organisasi dan komunitas atau masyarakat.

ISI BUKU:
BAB I: PENDAHULUAN
A. Peran Psikolog
B. Sifat Bantuan yang Diberikan
C. Jenis Klien yang Dibantu
D. Aneka Kompetensi Psikolog
BAB II: DARI KONSELING KE KONSULTASI
A. Konseling, Psikoterapi, dan Konsultaso
B. Aneka Peran Konsultasi
C. Aneka Ketrampilan Konsultasi
D. ANeka Tahap dalam Proses Konsultasi
BAB III:
A. Alasan Berkembangnya Psikoedukasi
B. Makna dan Cakupan Psikoedukasi
C. Tiga Wilayah Layanan Psikoedukasi
BAB IV: MODEL PENGEMBANGAN PROGRAM PSIKOEDUKASI
A. Model Skill-Deficit atau Life Skills
B. Pendekatan Perkembangan
BAB V: MODEL PEMBELAJARAN LIFE SKILLS
BAB VI: BEBERAPA METODE KHAS PEMBELAJARAN EKSPERIENSIAL
BAB VII: MENYUSUN PROGRAM PSIKOEDUKASI
BAB VIII: MENYUSUN MODUL
BAB IX: EVALUASI PROGRAM PSIKOEDUKASI

Pemesanan Hubungi 085713888005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s