Pendulum Galileo; Dari Detak Ritmis Waktu Hingga Eksistensi Partikel dan Fenonema Waktu

pendulum

Judul Buku: Pendulum Galileo
Penulis: Roger G. Newton
Editor Bahasa: Sandiantoro
Penerjemah: Anna Karina
Tata Letak: Metta Fauziyah
Desain Sampul: Andy FN
Pemeriksa Aksara: Agus Hidayat
Penerbit: Liris
Cetakan: Pertama, 2010
ISBN: 978-602-95980-2-5
Ukuran: 13 x 19 cm
Halaman: viii + 186 hlm
Harga: Rp. 29.000,-

SINOPSIS:
KISAH Galileo menemukan pendulum sederhana, tidak bisa disangkal adalah kenyataan ia menentukannya dan pengaruhnya mendalam terhadap peradaban kita dalam abad-abad berikutnya. Buku ini adalah mengenai irama waktu, bagaimana irama itu pada akhirnya diatur oleh pendulum Galileo, pengaruh yang kuat dari osilasi (goyangan) pendulum terhadap persepsi kita mengenai irama itu, dan bagaimana osilasi ini kemudian didapati memanifestikan dirinya sendiri dalam banyak fenomena alam lainnya.
Buku ini mengenai sejarah kuno dan juga ilmu pengetahuan modern. Meskipun subjeknya bukan mitologi Yunani, sasarannya dapat dengan bebas diartikan sebagai penggambaran pengaruh kuat Terpsichore, Dewi tarian dan irama, terhadap hidup kita, dan bagaimana ilmu pengetahuan, melalui pendulum Galileo, berhasil menjinakkan apa yang oleh Euripides disebut “tak dapat diukur dan liar”, yaitu waktu.
Gerakan periodik dari bebab yang berayun itu mendesakkan sebuah pengaruh yang luar biasa dalam pengembangan ilmu pengetahuan modern dan matematika. Pengaruh ini pada akhirnya memperluas tidak hanya pengertian kita mengenal fenomena alam yang bervariasi bersama waktu namun bahkan cara ilmu pengetahuan memandang eksistensi dunia materi, aprtikel-partikel yang membentuk objek-objek yang kita sentuk seperti hanya cahaya dan suara yang dengannya kita merasakan lingkungan kita.
Pemesanan Hubungi 085713888005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s